Definisi Sistem Operasi


PENGERTIAN SISTEM  INFORMASI

Untuk menjalankan program-program dan aplikasi yang terdapat di komputermu diperlukan satu Sistem Operasi.Pengertian sistem operasi secara umum adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dalam penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Selain itu, Sistem Operasi juga merupakan sebuah sistem yang diperlukan untuk menjalankan semua aplikasi program/software yang ada di komputermu, misalnya MS-OFFICE. Sistem Operasi juga dapat disebut sebagai sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital.
Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai system operasi itu sendiri.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi bisa dibilang adalah perangkat lunak yang sangat kompleks. Hal-hal yang ditangani oleh sistem operasi bukan hanya satu atau dua saja,melainkan banyak hal.Dari menangani perangkat keras,perangkat lunak atau program yang berjalan, sampai menangani pengguna. Hal tersebut menyebabkan sebuah sistem operasi memiliki banyak sekali komponen-komponen tersendiri yang memiliki fungsinya masing-masing.Seluruh komponen yang menyusun sistem operasi tersebut saling bekerjasama untuk satu tujuan, yaitu efisiensi kerja seluruh perangkat komputer dan kenyamanan dalam penggunaan sistem operasi.
Jadi, sistem operasi itu dapat mengatur fasilitas komputer, memberikan layanan untuk pemrogram, dan menjadwal eksekusi program lainnya. Selain itu, sistem operasi juga mampu menjembatani perangkat keras dari pemrogram, memberikan interface yang bagus untuk menggunakan sistem, dan mengontrol eksekusi program-program aplikasi yang memerlukan fasilitas dan pelayanan hardware komputer.

Dengan adanya sistem operasi, seorang pengguna computer akan merasa nyaman dan efisien dalam menggunakan perangkat tersebut. Hal ini disebabkan karena sistem operasi akan membuat sistem. komputer lebih mudah digunakan,dan sistem operasi memungkinkan fasilitas dalam sistem komputer bisa digunakan dengan cara efisien.

Jenis-Jenis Sistem Operasi


Jenis-jenis Sistem Operasi antara lain sebagai berikut : DOS, OS/2, Macintosh (Mac OS), UNIX, Digital Research DOS (DR DOS), Microsoft windows (9x, 2000, XP, Vista, dll), Linux, FreeBSD, Sun MicroSystem, Novell Netware, Palm OS, Symbian, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: